Cara Cepat Bermain Gitar Bagi Pemula | Berlatih Petikan Kunci Dasar Gitar

Berlatih Petikan Gitar Untuk PemulaKunci dasar gitar termasuk tahap awal belajar cara bermain gitar selain berlatih strumming atau menggenjreng. Agar semakin handal bermain gitar, tentu saja teknik juga perlu diasah. Ada banyak teknik bermain gitar yan bisa dipelajari. Satu diantaranya yang sekiranya wajib Anda kuasai yaitu teknik petikan atau yang sering disebut fingerpicking.

Adapun kunci dasar bermain gitar diketahui sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar teknik petikan. Bila nantinya sudah cukup mahir, tentu sah-sah saja bila Anda ingin mencoba variasi kunci gitar yang lain misal seperti kunci gantung atau barre chord. Alasannya karena kunci dasar terbilang mudah dan bisa cepat dipelajari. Asal serius dan fokus. Jadi syarat utamanya yaitu menguasai kunci dasar. Bila semua persyaratan sekiranya sudah terpenuhi Anda bisa lanjut menyimak ulasan tutorial kali ini.

Berlatih Petikan dengan Kunci Dasar Gitar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahap berlatih petikan dengan chord dasar gitar. Berikut beberapa diantaranya:

Pola Kunci Dasar

Dalam memainkan teknik petikan, Anda membutuhkan sebuah kunci dasar yang dijadikan sebagai patokan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua bagian tali senar dapat dipetik. Lebih tepatnya hanya beberapa senar yang memiliki nada yang masuk ke dalam kunci yang bisa dimainkan. Itulah mengapa dirasa perlu mengingat kembali pola belajar chord gitar seperti yang tersaji dalam gambar.

Senar yang Bisa Dimainkan

Senar yang bisa dimainkan dalam petikan yaitu senar yang ditekan dan senar open string yang di bagian atasnya terdapat simbol O. Sementara open string yang tidak memiliki simbol O atau malah bersimbol X tidak bisa dimainkan. Pasalnya tali senar tersebut tidak termasuk ke dalam chord dasar bermain gitar yang tengah dimainkan. Bila memang Anda memaksa untuk tetap memetiknya, hal tersebut hanya akan membuat munculnya suara sumbang, fals, atau tidak harmonis. Ingat chord mayor dan chord minor tidak jauh berbeda. Karena keduanya pada dasarnya memang sama. Hanya saja ada satu nada yang diubah.

Menggunakan Nada Dasar Sebuah Kunci

Nada dasar sebuah kunci juga perlu dipahami agar bisa cepat menguasai teknik petikan gitar. Satu hal yang pasti sudah Anda tahu, kunci C memiliki nada dasar C, kunci D juga memiliki nada dasar D. Dalam hal ini letak dari nada dasar tersebutlah yang menjadi permasalahan. Anda wajib tahu dimana letak nada-nada dasar tersebut.

Kira-kira untuk apa nada dasar tersebut? Mungkin Anda memiliki pertanyaan yang sama ketika membaca cara bermain gitar. Nada dasar tersebut tidak lain berfungsi untuk menambah dan juga memperkaya suasana bunyi yang sedang dimainkan. Adapun biasanya nada dasar senar bass atau senar ke-4, ke-5, dan ke-6 adalah yang paling umum digunakan. Hal ini diperlukan guna menambah elemen bass pada petitkkan yang sedang Anda mainkan. Anda bisa memainkannya di awal kunci ataupun pasca perpindahan dari kunci yang sebelumnya. Inilah mengapa pada tahap berlatih chord dasar gitar Anda wajib menguasai nada dasar.

Pentingnya mempelajari satu per satu chord gitar agar cepat hafal, coba baca artikel Tutorial Belajar Kunci Gitar G Minor

Adapun untuk informasi tambahan diberikan data berikut:

Kunci A = nada dasarnya terletak pada senar ke-5 fret 0 (lepas).

Kunci B = nada dasarnya terletak pada senar ke-5 fret 2

Kunci C = nada dasarnya terletak pada senar ke-5 fret 3

Kunci D = nada dasarnya terletak pada senar ke-4 fret 0 (lepas)

Kunci E = nada dasarnya terletak pada senar ke-6 fret 0 (lepas)

Kunci F = nada dasarnya terletak pada senar ke-4 fret 3

Kunci G = nada dasarnya terletak pada senar ke-6 fret 3

Nada kunci minor letaknya sama.

Penggunaan Nada Dasar

Perlu diketahui, penggunaan nada dasar pada umumnya adalah di awal pergantian kunci. Sebagai contoh, saat Anda akan memainkan kunci C sudah seharusnya dimulai dengan memetik nada dasar C yang letaknya ada di senar ke-5 pada fret atau kolom 3. Fret itu sendiri masuk ke dalam pola kunci dasar permainan gitar chord C. Sehingga Anda akan mendapat kemudahan saat belajar memainkan teknik petikan gitar.

Setelah memetik nada dasar, tidak lupa biasanya juga disusul dengan memetik senar yang lain yang tentunya masih berada di zona C. Misal senar ke-1, ke-2, ke-3, atau senar yang lainnya. Petikan tersebut nantinya dapat menghasilkan bunyi nada yang lebih kaya elemen dan juga harmonis. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan teknik petikan. Satu contoh kombinasi menarik yang bisa Anda coba yaitu kombinasi dengan strumming atau sebagainya. Teknik ini pun juga menjadi teknik petikan yang tak kalah menarik untuk diulas selanjutnya.

Baca juga artikel penting ini 8 chord gitar yang harus di hafal untuk pemula

Bila dari hasil berlatih teknik petikan menggunakan chord dasar bermain gitar Anda  sudah merasa mahir, artinya Anda bisa berlanjut ke tahap berikutnya. Tentu saja tahap yang lebih rumit seperti bermain menggunakan kunci gantung. Sekilas penggunaan kunci gantung sulit dipraktekkan, tetapi sebenarnya malah lebih mudah dan sangat memantu. Terutama saat ingin berganti chord. Alasannya karena nada dasar sudah pasti berada di ujung jari telunjuk. Sehingga Anda cukup memetik senar ke-5 atau ke-6 guna mencari nada dasar dari sebuah kunci gantung. Sekian, semoga memberi tips dan tutorial belajar gitar untuk pemula yang bermanfaat.

Leave a Reply