Yuk Simak Penyebab Utama Kegagalan Dalam Belajar Gitar

Posted on

Bermain gitar adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada banyak perasaan dan luapan emosi yang bisa kita curahkan dalam bermain gitar.

Akan tetapi tidak semua orang bisa menggunakan alat musik ini. Ada banyak orang yang ingin bisa bermain gitar. Namun tidak sedikit pula mereka yang gagal dan akhirnya enggan untuk memainkan gitar.

Kegagalan belajar gitar inilah yang akhirnya membuat orang harus menghapus mimpinya untuk bisa bermain gitar. Harus memupus harapan untuk bisa menyanyi dan mencurahkan isi hati sambil bermain gitar.

Atau bahkan kegagalan dalam belajar inilah yang menyebabkan banyak orang gagal tampil di atas panggung.

Nah apa saja penyebabkan banyak tidak berhasil belajar gitar?

Mengapa mereka mengalami kegagalan dalam belajar gitar?

Yah pertanyaan pertanyaan terbut hendaknya harus dicari jawabannya. Jika pertanyaan tersebut sudah berhasil di atasi maka bukan tidak mungkin kegagalan dalam belajar gitar bisa dihindari.

Sehingga nantinya kegagalan bermain gitar yang sering terjadi bisa dipermak menjadi keberhasilan. Sangatlah penting mengetahui penyebab kegagalan belajar gitar yang akan disajikan lengkap oleh kuncigitar.co.id di bawah ini.

BERMAIN GITAR

Penyebab Kegagalan belajar Bermain Gitar

  1. Tidak Sabar

Sabar adalah sarat mutlak untuk mencapai sesuatu. Termasuk juga untuk belajar bermain gitar. Banyak orang yang ingin segera bisa bermain gitar namun tidak mau sabar dan tekun dalam berlatih. Alhasil, bukan keberhasilan yang diperoleh melainkan kegagalan dan keputus asaan.

Oleh karena itu, jika benar-benar ingin belajar gitar hendaknya benar-benar sabar. Jangan terlalu terburu untuk bisa memainkan cord dan lagu yang diinginkan tanpa harus belajar tahap demi tahap. Semua butuh proses yang tidak sebentar. Tergantung ketekunan dan kecerdasan psikomotorik dalam menggunakan alat musik ini.

  1. Malas belajar Cord

Malas merupakan penyakit terbesar yang selalu membawa [ada kegagalan. Malas mempelajari cord adalah salah satu penyebab kegagalan belajar gitar. Seperti yang diketahui cord adalah kompenen penting dalam bermain gitar. Pengguna hendaknya mengatahui tinggi rendahnya nada.

Oleh karena itu akan sangat mustahil jika seseorang ingin belajar gitar tanpa mempelajari cord. Tentunya sebagai tahap awal hendaknya mempelajari chord yang standard dan sederhana dulu. Namun jika sudah fasih maka diperbolehkan untuk belajar cord yang mulai rumit.

  1. Tidak memiliki motivasi

Salah satu kunci keberhasilan adalah memiliki motivasi yang kuat. Termasuk juga dalam belajar gitar. Ada banyak alasan yang membawa seseorang mau belajar gitar. Entah sekedar untuk gaya-gayaan, untuk ngecengin cewek, demi seseorang yang disayang, ingin tenar dan terkenal, bahkan ingin mencari penghasilan sendiri.

Beberapa alasan untuk belajar gitar tersebut hendaknya dipupuk agar proses belajar bisa berjalan lancar. Perkuat motivasi dan tujuan belajar gitar. Kendati alasan yang digunakan untuk belajar kadang tidak masuk akal. Namun tetaplah harus dipertahankan agar keingin untuk bermain gitar bisa tercapai.

  1. Tidak Paham Tangga Nada

Konsep tangga nada merupakan modal awal yang harus dikuasi seseorang yang ingin bermain musik. Tidak hanya gitar, hampir semua alat musik juga menggunakan tangga nada. Jika ingin belajar gitar maka sangat penting juga untuk mengetahui tangga nada.

Adapun menganali dan memahami tangga ini tidak harus belajar formal atau menguasai semuanya. Bagi pemula atau tahap awal, maka mengerti konsep tangga nada saja itu sudah cukup. Karena nanti jika sudah memahami konsepnya maka tidak akan kebingungan ketika belajar memainkan alat musik bersenar ini.

  1. Tidak Pede

Percaya diri merupakan modal untuk bisa tampil dan memainkan gitar. Bermain gitar tentunya menghasilkan nada yang akan didengar oleh banyak orang.

Janganlah minder atau malu ketika sedang belajar, karena kegagalan dalam belajar adalah hal yang biasa, termasuk juga dalam belajar gitar.

Memainkan alat musik dengan kemampuan pas pasan hendaknya harus dibekali kepercayaan diri yang tinggi. Jika tidak, maka orang tersbeut tidak akan pernah bisa belajar dan mendapatkan masukan dari orang lain.

Kepercayaan diri sangatlah penting dalam belajar gitar. Walaupun masih  tahap pemula, latihan dan terus memainkan gitar kendati akan dicully oleh orang lain jangan diambil hati. Namun hendaknya dijadikan cambuk motivasi untuk bisa bermain lebih hagus lagi.

  1. Enggan Praktik

Belajar alat musik haruslah seiring antara teori dengan praktik. Bahkan harus lebih banyak praktik dari pada teori belaka. Termasuk juga dalam belajar gitar hendaknya perbanyak praktik.

Dengan praktik maka kita akan mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam bermain gitar.

Tidak hanya kita, orang lain dan guru gitar kita juga akan mengetahui perkembangan yang diperoleh selama belajar gitar.

Tentunya hendaknya harus tetap siap mental. Karena biasanya pemula tidak akan jauh dari cemoohan. Harus kuat mental sehingga kritikan yang datang bukan menjatuhkan melainkan dijadikan motivasi untuk bisa bermain dengan lebih baik. Oleh karena  itu teruslah berlatih dan mempraktikkan apa yang diperoleh selama belajar bermain gitar.

  1. Tidak Mandiri

Belajar gitar hendaknya harus mandiri. Tidak selamanya dituntun oleh orang yang lebih paham. Melainkan dalam belajar gitar juga hendaknya dibekali dengan keinginan yang kuat untuk latihan sendiri. Banyak berlatih dan mencoba agar bisa menemukan irama dan kenyamanan dalam bermain gitar.

Namun sebaliknya jika tidak mandiri dan harus selalu dituntun maka justru akan menghambat perkembangan dalam bermain gitar. Jadi sangat penting untuk berusaha mengembangkan sendiri dengan berlatih secara mandiri. Berlatih sendiri juga bisa dengan melihat tutorial yang terdapat di internet atau di video-video mengenai belajar bermain gitar.

  1. Tidak memiliki Gitar

Tidak memiliki gitar adalah salah satu kendala dalam belajar gitar yang jarang disadari. Padahal keberadaan gitar sangatlah penting bagi orang yang belajar memainkan gitar. Dengan memiliki gitar biasanya orang akan lebih gampang untuk berlatih gitar. Lebih sering memainkannya. Sehingga akan mempercepat proses belajar.

Sebaliknya jika tidak memiliki gitar biasanya baru akan memainkannya jika sudah ada gitar. Sehingga ilmu yang dipelajarinya jarang sekali dipraktikkan dan dicoba. Sehingga proses belajar pun akan menjadi lamban. Tak jarang juga akan berujung pada kebosanan karena lamanya belajar bermain alat musik ini.

Namun memiliki gitar yang dimaksud bukan berarti membeli baru. Jika ebnar-benar ingin belajar maka hendaknya harus terdapat gitar didekat kita. Entah  itu pinjam atau bahkan memilikinya sendiri. Jadi dengan keberadaan gitar disekitar kita, maka akan lebih sering bermain gitar dan lebih cepat mengerti mengenai cara bermain gitar.

Itulah 8 alasan kegagalan belajar gitar yang sering terjadi.

Pastinya..

Jika ingin belajar gitar dan ingin berakhir dengan keberhasilan maka hendaknya 8 masalah diatas tidak boleh terjadi, teruslah berlatih dengan penuh semangat dan tidak malas tentunya keberhasilan dalam belajar gitar juga akan mudah diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *