Cara Asyik Belajar Gitar Akustik, dan inilah Tips & Trik nya

Perilaku buru-buru atau tergesa-gesa dalam proses belajar gitar akustik, menandakan Anda berada satu langkah lebih dekat menuju kegagalan. Bukan hanya Anda, tapi semua orang yang sedang dalam proses belajar gitar akustik, biasanya doyan mempercepat proses yang mestinya diselesaikan bertahap.

Bermacam alasan kerap dijadikan pembenaran untuk melangkahi tahapan proses yang telah ditentukan. Contoh yang banyak ditemukan menunjukkan bahwa alasan sejumlah orang belajar gitar akustik dengan tergesa-gesa, dikarenakan semangat dan obsesi mereka yang terlanjur besar dan menggebu.

“Kepingin cepat bisa,” adalah sanggahan yang selalu terucap kalau mereka disarankan agar belajar lebih kalem. Perihal ini saja sudah menggambarkan kegagalan mereka mengelola emosinya. Pengelolaan yang sesungguhnya sangat diperlukan untuk diungkapkan lewat lantunan senar gitar.

Pahamilah bahwa tidak semua orang dikaruniai bakat yang sama besar. Ada yang berbakat dan ada yang sangat berbakat. Artinya, tidak seorang pun yang berhak divonis berbakat nol. Syaratnya, bakat tersebut harus dilatih agar semakin terasah dan berkembang.

Supaya lebih mudah mengasah dan melatihnya, Anda bisa mencermati beberapa rekomendasi belajar gitar akustik, berikut ini:

Kenali Sebelum Membeli

Berbeda dengan gitar elektrik yang membutuhkan sambungan listrik, gitar akustik lebih mandiri. Gitar ini pun bisa mudah dibeli di berbagai gerai musik atau toko-toko buku.

Gitar akustik tersedia dalam berbagai ukuran. Nah, demi kenyamanan bermain, sesuaikanlah ukuran yang pas di pangkuan Anda. Beberapa merek gitar populer dengan kualitas kayu dan harga yang kompetitif, di antaranya Yamaha, Fender, dan Ibanez.

Belajar Menyetem

Ketika membeli gitar akustik, pastikanlah setelannya sudah merdu. Kalau perlu, Anda bisa sekaligus membeli tuner gitar bertenaga baterai. Aplikasi tuner juga sudah banyak ditawarkan di smartphone serta dapat Anda akses dengan mudah di YouTube.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyetem gitar secara manual. Ini akan menciptakan kepekaan dan memperkuat ikatan Anda dengan gitar.

Mengenali Kesederhanaan

Kesederhanaan gitar akustik bukan hanya pada cara memainkannya, yang tanpa sambungan listrik. Gitar akustik juga menjadi ciri khas dari genre musik tertentu. Sejumlah genre yang terasa lebih cocok dimainkan dengan gitar akustik adalah Pop, Rock, Country, dan Alternative Rock.

Memperkaya Pilihan Lagu

Karena sebelumnya Anda sudah tahu soal genre yang mewakili gitar akustik, maka sekarang saatnya Anda memperkaya pilihan lagu dari keempat genre tersebut.

Cobalah mendengarkan variasi nada dari pelopor pop seperti The Beach Boys; pelopor Rock seperti Chuck Berry; pelopor Country John Denver; hingga perkembangan Alternative Rock yang diwakili Nirvana, Oasis, dan Coldplay.

Tahu Cara Perawatan

Ada dua cara perawatan yang perlu Anda perhatikan. Pertama, perawatan untuk gitar, yang mencakup penggantian senar secara rutin dan pembersihan kayu agar kualitas suaranya tetap baik dan tahan lama.

Kedua, perawatan bagi diri Anda sendiri. Penebalan ujung jari (kapalan) adalah dampak lazim yang akan Anda alami selama berlajar gitar akustik. Tidak perlu khawatir terhadap efek jangka panjangnya. Yang penting, jagalah selalu kebersihan tangan dan jari, sebelum dan sesudah bermain.

Perbanyak Referensi

Seiring perkembangan teknologi informasi, panduan belajar gitar akustik juga bisa Anda dapatkan dengan gampang secara online. Musisi seperti Abdee Negara dan Giring Ganesha, juga telah menciptakan platform khusus untuk memperdalam pengetahuan bermusik Anda. Cobalah melibatkan diri di sana dan pelajari pengalaman keren mereka.

Inti dari belajar gitar akustik adalah melatih teknik dan mengasah kepekaan. Anda bisa melakukannya bergantian sesuai suasana hati. Bisa juga diasah berbarengan, selama mampu menjaga emosi tetap stabil. Selamat bersenang-senang!

Leave a Reply